Dampak Teknologi Terhadap Bisnis Kuliner Di Era Digital

Dampak Teknologi Terhadap Bisnis Kuliner Di Era Digital

Dampak Teknologi Terhadap Bisnis Kuliner Di Era Digital – Dampak teknologi terhadap perekonomian, termasuk industri kuliner, terus berkembang. Menurut data riset PwC, 55% perusahaan di industri makanan dan minuman sudah menggunakan teknologi. Hal ini tidak terlepas dari keuntungan dan manfaat yang dirasakan oleh para pemilik usaha kuliner dari pengintegrasian teknologi ke dalam restoran/outlet tokonya.

Dampak Teknologi Terhadap Bisnis Kuliner Di Era Digital

Dampak Teknologi Terhadap Bisnis Kuliner Di Era Digital

meggettsc – Memilih teknologi yang tepat untuk bisnis kuliner Anda berdampak besar pada produktivitas dan efisiensi bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat merasa tenang karena Anda dapat memantau kesehatan bisnis Anda dari mana saja. Meski begitu, ada beberapa dampak teknologi terhadap bisnis memasak Anda yang perlu Anda perhatikan agar bisnis Anda terus berkembang dan menghasilkan keuntungan yang nyata.

Mengurangi risiko kesalahan manusia
Bagaimana teknologi berdampak pada bisnis Anda – mengurangi risiko kesalahan manusia

Kesalahan manusia adalah hal biasa dan pasti dapat merugikan bisnis Anda. Karyawan Anda mungkin lelah dan pelupa, atau mereka mungkin tidak memasukkan data penjualan dengan hati-hati. Akan terjadi kesalahan perhitungan dan banyak masalah lainnya yang akan terjadi.

Teknologi juga dapat digunakan untuk meminimalkan kesalahan manusia dan mencegah penipuan. Hal ini karena sistem dirancang agar karyawan cukup mempelajari sistem dan sistem secara otomatis melakukan tugas-tugas seperti: B. Mencatat dan menghitung transaksi.

baca juga : Evolusi Teknik Memasak Melalui Teknologi

Saat menggunakan mesin kasir tradisional untuk melakukan transaksi, kasir rentan melakukan kesalahan, seperti saat memasukkan jenis transaksi atau memasukkan jumlah transaksi. Kesalahan tidak hanya mengurangi kepuasan pelaku bisnis tetapi juga kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikannya.

Memilih aplikasi checkout yang tepat seperti ESB POS Lite dapat membantu meminimalkan human error dalam bisnis Anda. Anda dapat langsung melihat pembayaran mana yang belum diterima dan mana yang masih jatuh tempo, serta mengunduh laporan penjualan kapan saja. Anda juga dapat memeriksa riwayat transaksi Anda dengan cepat dan mudah.

ESB POSLite dilengkapi dengan fitur inventaris yang membantu Anda mengelola inventaris bahan baku dan mendeteksi apakah harga yang ditawarkan pemasok jauh lebih tinggi dari harga/harga pasar sebelumnya. Penuh rasa ingin tahu? Coba sekarang!

Meningkatkan kualitas layanan
Dampak teknologi terhadap bisnis – Meningkatkan kualitas layanan

Dari perbankan hingga perhotelan, dampak teknologi terhadap bisnis sektor jasa sangatlah besar. Sebelumnya, pelanggan harus mengantri di kasir untuk memesan makanan, namun teknologi seperti kios ESB memungkinkan pelanggan meninjau menu restoran secara mandiri dan membuat keputusan pemesanan makanan dengan lebih mudah. Hal ini akan sangat memudahkan pekerjaan kasir dan mengurangi antrian di cabang. Dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam bisnis Anda, Anda dapat memberikan pengalaman pemesanan dan bersantap yang lebih memuaskan kepada pelanggan Anda.

Jika pelanggan terkesan dan puas dengan pelayanan restoran Anda, mereka pasti akan kembali lagi atau merekomendasikan restoran Anda kepada orang lain. Rekomendasi ini dapat menjadi alat pemasaran yang efektif, namun tidak memerlukan biaya.

Menghemat biaya operasional
Bagaimana teknologi berdampak pada bisnis Anda – menghemat biaya operasional perusahaan Anda

Dampak teknologi ini terhadap bisnis lain adalah kemampuannya dalam mengurangi biaya operasional dan material. Jika Anda menjalankan bisnis kuliner, termasuk UMKM kuliner, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi POS yang terjangkau dan tentunya memiliki fitur lengkap yang akan memudahkan hidup Anda sebagai pemiliknya.

baca juga : Dampak Teknologi Dalam Kehidupan Keluarga

Digitalisasi menyederhanakan proses pemesanan. ESB Order adalah solusi yang menyederhanakan proses order-to-pay dan meningkatkan penjualan hingga 30%. Dengan ESB Order, pelanggan dapat memesan dari menu dan membayar hanya dengan memindai kode QR di meja, efektif mengurangi antrian dan membuat hidup pramusaji/pramusaji lebih mudah.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda memberikan rekomendasi menu tambahan sesuai kebutuhan pelanggan tanpa instalasi. Rekomendasi menu ini dapat membantu restoran meningkatkan penjualan item menu yang kurang populer.

Anda juga bisa membuka restoran online sendiri di Ayomankan. Hal ini menghemat banyak biaya dibandingkan memiliki banyak cabang dan membuat biaya iklan restoran Anda lebih hemat. Dengan komisi yang rendah, Anda tidak perlu takut untuk mulai berjualan online dan siap menjangkau lebih banyak pelanggan serta meningkatkan penjualan Anda.

Mempercepat pengambilan keputusan bisnis

Apakah Anda sering merasa kesulitan dan menyita waktu dalam mengambil keputusan bisnis? Salah satu dampak teknologi terhadap bisnis adalah membantu kita membuat strategi dan keputusan bisnis yang lebih baik.

Misalnya, jika Anda adalah pemilik bisnis katering, pencatatannya masih dilakukan secara manual dan Anda harus membuat laporan penjualan harian yang menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis dan penyusunan strategi bisnis masa depan. Apakah Anda merasa pusing dan lelah?
Di sinilah teknologi berdampak pada bisnis kuliner. Aplikasi kasir terintegrasi seperti ESB POS memungkinkan Anda mengambil keputusan bisnis untuk mencatat transaksi penjualan dan terintegrasi dengan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) ESB Core, memungkinkan pelaporan keuangan otomatis. Pelaporan ini akurat dan otomatis, memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis lebih cepat dan akurat.

Selain itu, ESB POS memberi Anda kesempatan untuk memantau kesehatan bisnis Anda secara keseluruhan dan melihat apakah ada poin strategis yang perlu disesuaikan seiring kemajuan bisnis Anda.

Anda juga dapat melihat dan menganalisis data dari seluruh cabang untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat sasaran hanya dengan mengakses ESB Core Dashboard.

Tentu saja dampak teknologi terhadap bisnis kuliner tidak hanya terbatas pada empat poin di atas saja. Namun intinya, dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal, Anda dapat menjalankan bisnis kuliner dengan lebih efisien.

Evolusi Teknik Memasak Melalui Teknologi Previous post Evolusi Teknik Memasak Melalui Teknologi
Teknologi Makanan dan Memasak Untuk Pengalaman Konsumen Next post Teknologi Makanan dan Memasak Untuk Pengalaman Konsumen