Pengertian Switch dan Fungsinya
Teknologi

Pengertian Switch Dan Fungsinya

Pengertian Switch Dan Fungsinya – Switch adalah salah satu jenis komponen jaringan pada suatu komputer. Tentu saja kehadiran switch juga memegang peranan penting. Selain menghubungkan beberapa perangkat komputasi melalui paket. Switch juga dapat mengirimkan data ke berbagai jenis perangkat yang terhubung.

Pengertian Switch Dan Fungsinya

Pengertian Switch dan Fungsinya

meggettsc – Hingga saat ini saklar dibagi menjadi beberapa kategori. Setiap kategori switch memiliki peran dan kelebihannya masing-masing. Nah, jika Anda memang ingin tahu switch mana yang lebih lengkap.

Pengertian Switch
Sebelumnya kita telah membahas sedikit tentang apa itu switch. Dan disini kita terus membahas pengertian saklar namun lebih luas lagi.

Switch adalah komponen jaringan komputer. Switch ini praktis membantu menghubungkan beberapa perangkat komputer secara bersamaan. Perangkat komputasi yang terhubung melalui jaringan switch dapat melakukan sejumlah fungsi penerusan paket. Mulai dari penerimaan data, pemrosesan hingga pengiriman ke perangkat lain bisa dilakukan secara langsung.

Sebuah saklar juga dapat membantu ketika Anda menghubungkan beberapa HUB sekaligus. Dimana proses ini pada akhirnya membentuk jaringan komputer yang lebih besar sehingga dibutuhkan bandwidth yang cukup besar.

Sakelar yang dilengkapi Hubei sangat berbeda. Hal ini dikarenakan switch mempunyai cara kerja yang lebih tepat dan efisien serta dapat langsung menyasar alamat target untuk pertukaran, pengolahan atau transmisi data. Fungsi lain dari saklar adalah untuk mengidentifikasi tujuan informasi. Hal ini untuk mencegah terjadinya tabrakan pada saat proses transfer data.

CCNA adalah kependekan dari Cisco Certification Network Associate. CCNA sendiri merupakan sertifikasi industri jaringan komputer. Sertifikat CCNA dikeluarkan oleh perusahaan Cisco Systems yang telah menjadi standar de facto teknologi jaringan komputer di dunia. Cisco CCNA-CCNP Routing and Switching memuat banyak sekali materi khusus untuk sertifikasi CCNA dan tentunya sangat bermanfaat bagi yang akan mengikuti ujian.

Kelebihan Switch
Switch bisa dikatakan merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu jaringan komputer. Hal ini dikarenakan switch merupakan pusat lalu lintas jaringan. Setelah saklar dilepas, Anda dapat yakin bahwa semua fungsi jaringan yang ada akan terpengaruh.

Memiliki saklar juga mempunyai keuntungan. Namun tidak semua orang mengetahui manfaat saklar. Jadi periksa juga poin-poin di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat sakelar.

 

Baca Juga : Sejarah Teknologi Pengelolaan Lahan Rawa

 

Switch dapat memeriksa dan menganalisis paket data yang diterima sebelum meneruskannya ke alamat tujuan.
Kehadiran switch juga dapat menentukan alamat tujuan dan sumber paket data yang melewatinya. Switch
dapat mengirimkan setiap paket data dengan benar dan cepat.

Kekurangan kopling Kopling
tidak hanya memiliki kelebihan. Namun switch juga mempunyai kelemahan. Meskipun sebelumnya kami telah menjelaskan kelebihan sakelar, di bawah ini adalah kelemahan sakelar. Saklar hanya dapat menggunakan kabel lurus. Jadi jika ingin menggunakan kabel crossover yang sudah ada, tetap perlu menggantinya ke kabel straight terlebih dahulu.
Pengecekan paket, penukaran cukup lama. Dibandingkan HUB , harga switchnya lebih mahal. Hal ini dikarenakan switch merupakan pengembangan HUB.

 

Switch Dan Fungsinya

 

Pengoperasian Saklar
Setelah memahami apa itu saklar, selanjutnya mari kita pelajari bersama cara kerja saklar itu sendiri. Kehadiran switch juga dapat menjadi hub yang digunakan untuk menerima dan berbagi data antar perangkat komputer yang ada. untuk menjelaskan beberapa fungsi saklar adalah sebagai berikut.

Penghindaran Loop
Penghindaran loop adalah proses rangkaian yang dapat terjadi pada gerbang sakelar. Dalam hal ini switch berguna untuk menghindari loop ketika menerima data yang tidak diketahui tujuannya. Kemudian, data yang diterima diteruskan ke alamat IP, yang tujuan akhirnya adalah memblokir salah satu port yang terhubung ke perangkat lain.

Meneruskan Bingkai Data
Peran sakelar adalah memfilter bingkai data dan meneruskannya ke alamat yang ditentukan. Selain dapat mengirimkan informasi ke alamat tujuan. Namun, frame data juga dapat terus diteruskan ke alamat MAC atau port tertentu. Hal ini tentunya dapat mengurangi resiko terjadinya tabrakan pada saat proses transfer data.

Pembelajaran Alamat
Pembelajaran Alamat adalah penyimpanan alamat MAC antara perangkat jaringan dan kondisi terhubung. Saat saklar dalam mode terima, alamat MAC pengirim dicatat untuk mengetahui arah pengiriman data.

Perkembangan teknologi sangat pesat terutama pada perangkat jaringan. Oleh karena itu, kita setidaknya perlu mengetahui konsep dasar routing dan switching. Buku CCNA Routing and Switching Lab berisi materi yang mencakup tentang konsep routing dan switching.

Cara Kerja Switch
Pembahasan tentang jaringan switch tentu tidak lengkap tanpa mengetahui cara kerja switch. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi switch lebih baik dan efisien dalam pertukaran, pemrosesan, dan pengiriman data dibandingkan dengan HUB.

Dalam penerapannya, switch dapat meneruskan data yang dikirim oleh perangkat lain yang terhubung. Switch kemudian dapat menggunakan tabel di dalamnya untuk mengidentifikasi dan mencocokkan alamat MAC perangkat target.

Selanjutnya, sakelar membuat koneksi logis menggunakan port yang sebelumnya dikaitkan dengan perangkat yang dapat dialamatkan. Dengan demikian, hanya port tujuan yang dapat menerima data yang dikirimkan. Dalam hal ini, port tujuan lain tidak dapat menerima data.

Sakelar
Sakelar Tidak Terkelola
Sakelar tidak terkelola adalah salah satu sakelar termurah di pasaran. Saklar tipe Lenankan digunakan di kantor dan rumah dalam kondisi kecil. Fungsi utama dari unmanaged switch adalah untuk mengatur aliran data antara printer dan beberapa komputer serta berbagai perangkat lainnya.

Menariknya, saklar jenis ini juga bisa langsung digunakan tanpa setting ribet. Kelebihan saklar unmanaged adalah proses pemasangannya cukup sederhana dan harganya lebih terjangkau.

Sakelar Terkelola Sakelar Terkelola
adalah jenis sakelar yang memiliki keunggulan antarmuka pengguna dibandingkan jenis sakelar lainnya. Tentu saja, antarmuka pengguna sakelar jenis ini dapat memudahkan konfigurasi pengguna. Dengan switch terkelola (misalnya konsol, antarmuka pengguna) Anda dapat melakukan beberapa metode konfigurasi, yang paling canggih adalah akses Internet.

Smart Switch
Smart switch merupakan jenis switch yang telah dimodifikasi fungsinya, seperti peralihan antara switch yang dikelola dan tidak dikelola. Namun, smart switch memiliki pengaturan dan konfigurasi yang berbeda.