Resep Jajanan Sehat Yang Mengisi Tubuh Dengan Nutrisi Harian
Resep Jajanan

Resep Jajanan Sehat Yang Mengisi Tubuh Dengan Nutrisi Harian

Resep Jajanan Sehat Yang Mengisi Tubuh Dengan Nutrisi Harian – Kesehatan adalah hal terpenting dan sangat penting dalam hidup. Oleh karena itu, makanan yang Anda makan setiap hari harus baik untuk kesehatan Anda. Anda tidak hanya makan karena rasanya, tetapi juga memperhatikan nilai gizi makanan tersebut.

 

Resep Jajanan Sehat Yang Mengisi Tubuh Dengan Nutrisi Harian

Resep Jajanan Sehat Yang Mengisi Tubuh Dengan Nutrisi Harian

meggettsc – Khusus bagi Anda yang sibuk dengan berbagai aktivitas sehari-hari, Anda memerlukan nutrisi yang tepat untuk menunjang daya tahan tubuh dalam beraktivitas. Salah satu aktivitas makan yang banyak dilakukan orang saat bersantai atau bekerja adalah makan.

Makan snack atau camilan menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan saat istirahat sebelum makan besar. Mengonsumsi camilan dalam porsi besar dan berlebihan dapat menimbulkan masalah pada tubuh, seperti penambahan berat badan dan melewatkan waktu makan utama.

Hal ini karena jajanan dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa lapar. Selain itu, jika yang dimakan bukan merupakan jajanan sehat, dapat menimbulkan gangguan kesehatan karena banyak mengandung garam, gula, dan lemak dengan sedikit nutrisi.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih camilan sehat untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Camilan ini membuat tubuh tetap lapar hingga waktu makan. Selain itu, jajanan sehat secara alami mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Jajanan Sehat

Jajanan sehat adalah jajanan yang rendah gula dan lemak, namun tinggi serat dan air. Anda juga sebaiknya menikmati camilan sehat dalam jumlah dan intensitas yang sesuai. Intensitas konsumsinya berbeda-beda, tergantung kebutuhan nutrisi dan tingkat aktivitas Anda.

Jika Anda sangat aktif, Anda mungkin lebih memilih makan 2-3 camilan sehari. Sedangkan bagi yang tidak terlalu memanjakan diri, mungkin hanya perlu mengonsumsi satu camilan atau tidak sama sekali.

Kebiasaan makan banyak manfaatnya bagi tubuh, apalagi jika jajanan tersebut kaya akan protein, karena dapat mengaktifkan otak. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi camilan sehat.

Kendalikan nafsu makan

Tahukah anda cara mengendalikan nafsu makan? Salah satu pilihannya adalah mengonsumsi camilan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan lebih terkontrol.

Menunjang Kebutuhan Gizi pada Waktu Tertentu

Dengan mengonsumsi jajanan sehat, Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi terutama pada waktu-waktu tertentu ketika seseorang sedang mengalami gangguan makan. Camilan sehat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, dapat menjaga asupan nutrisi penting Anda tetap tinggi.

Berikut Saran Resep Cemilan Sehat

Untuk melengkapi pola makan sehari-hari, Anda membutuhkan camilan sehat sebagai camilan. Jika Anda tidak bingung bagaimana cara membuatnya, berikut beberapa saran resep camilan sehat.

Salad Buah

Salad Buah adalah makanan ringan segar yang terbuat dari berbagai buah-buahan segar dan lezat yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt, mayonaise, dan keju. Buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat kompleks, vitamin, serat, mineral, dll.

Nutrisi yang dikandungnya sangat penting untuk menunjang fungsi organ dan sel tubuh agar tetap sehat. Saat menyiapkan salad buah ini, bahan utamanya tentu saja buah-buahan, yang bisa diubah sesuai selera.

Untuk salad buahnya bisa menggunakan 200 gram kiwi, 200 gram apel, 200 gram anggur merah, dan 200 gram mangga. Sedangkan bahan untuk salad buah ini adalah 1 sendok makan madu, 1/2 sendok teh kulit jeruk, dan 2 sendok makan yogurt tawar.

 

Baca juga : Kenali Tentang Keluarga Akash Elahi 

 

Keripik Pisang Goreng

Camilan ini merupakan camilan yang cocok untuk Anda baik di waktu luang maupun sibuk bekerja. Selain rasanya yang lezat dan ringan, jajanan ini juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat dan mengandung nutrisi yang baik.

Memiliki 374 kalori, 16 gram protein, 42 gram karbohidrat, 5,5 gram serat, 25 gram gula, 21 gram lemak jenuh dan masih banyak nutrisi lainnya. Meski sudah diolah, keripik pisang ini tetap mengandung nutrisi, apalagi jika diolah saat dipanggang.

Keripik pisang goreng lebih sehat karena masih mengandung potasium. Keripik pisang ini menggunakan 4 buah pisang, 1 sendok makan air jeruk lemon, dan 4 sendok makan air.

Membuat Keripik Pisang Goreng juga sangat sederhana dan mudah yaitu. Panaskan oven dan potong pisang menjadi irisan tipis. Lalu celupkan irisan pisang ke dalam air lemon. Lalu letakkan di loyang yang dialasi kertas roti.

Panggang kurang lebih 1 jam, tergantung tingkat kematangan yang diinginkan. Setelah itu, keluarkan pisang yang sudah matang dari oven dan masukkan keripik pisang goreng ke dalam cetakan.

 

Resep Jajanan Sehat

 

Puding buah

Jajanan ini merupakan salah satu jajanan yang banyak digemari. Hal ini karena rasanya yang lezat dan lezat. Puding cocok untuk hidangan penutup. Selain rasanya yang lezat, puding ini juga mengandung nutrisi yang bermanfaat.

Beberapa kandungan nutrisi dalam puding adalah serat, kalsium, protein, vitamin dan mineral. Puding merupakan makanan yang mengenyangkan namun tidak menggemukkan sehingga cocok untuk peserta program penurunan berat badan. Selain itu pudingnya mempunyai rasa yang berbeda-beda, salah satunya puding buah. Saat membuat puding buah, beberapa bahan harus disiapkan. Seperti buah-buahan yang berbeda sesuai selera, air, gula pasir, bubuk agar-agar kemasan, susu cair dan sedikit garam.

Cara pembuatannya cukup sederhana, buahnya harus dipotong dadu. Kemudian didihkan campuran gelatin. Kemudian tuang susu cair, air, gula pasir dan garam ke dalam agar-agar yang sudah matang lalu aduk hingga larut merata. Setelah itu, sajikan puding yang sudah matang dalam cetakan berisi buah kubus. Rasa manis buahnya berpadu sempurna dengan pudingnya.

Protein shake

Salah satu minuman sehat adalah protein shake. Protein shake adalah minuman yang terbuat dari bubuk protein yang dicampur dengan air. Protein merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki jaringan dan sel yang rusak, serta menghasilkan berbagai zat penting seperti hormon, pembekuan darah, dan antibodi.

Protein shake cocok bagi anda yang membutuhkan protein atau merasa kekurangan protein pada makanan yang anda konsumsi. Selain itu, protein shake ini sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

Manfaat mengkonsumsi protein shake ini antara lain menekan nafsu makan atau rasa lapar, meningkatkan massa otot, menghilangkan lemak perut dan meningkatkan performa fisik. Untuk membuat protein shake ini, Anda membutuhkan ¾ susu almond, 2 sendok makan mentega almond,.