Resep Nasi Goreng Enak yang Wajib Kamu Coba di Rumah
Resep Makanan

Resep Nasi Goreng Enak yang Wajib Kamu Coba di Rumah

Resep Nasi Goreng Enak yang Wajib Kamu Coba di Rumah – Sedang mencari inspirasi makanan yang praktis dan enak? Resep nasi goreng solusinya! Nasi goreng merupakan hidangan klasik yang dapat dikreasikan dengan berbagai bumbu dan topping, memberikan Anda kebebasan untuk menciptakan rasa yang sesuai dengan selera dan kesukaan Anda. Ayo lihat berbagai resep di bawah ini!

 

Resep Nasi Goreng Enak yang Wajib Kamu Coba di Rumah

Resep Nasi Goreng Enak yang Wajib Kamu Coba di Rumah

meggettsc – Nasi goreng merupakan salah satu makanan ikonik Indonesia yang menjadi favorit di seluruh dunia. Hidangan ini terdiri dari nasi goreng yang dibumbui dan bahan tambahan seperti daging, sayuran, dan rempah-rempah. Namun, untuk memahami nasi goreng lebih dalam, kita perlu melihat sejarah singkatnya.

Sejarah nasi goreng dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno di Tiongkok, yang menyebar ke seluruh Asia Tenggara. Para pedagang Tiongkok konon merupakan orang pertama yang menemukan metode nasi goreng untuk mengolah nasi yang telah dimasak sebelumnya. Mereka menggoreng nasi dengan bumbu dan topping untuk membuat hidangan yang lezat.

Saat nasi goreng masuk ke Indonesia, makanannya disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Di Indonesia, nasi goreng sudah menjadi bagian penting dalam masakan sehari-hari. Nasi goreng terus berkembang selama berabad-abad dengan penambahan bahan dan bumbu yang berbeda.

Selain itu, nasi goreng juga mencerminkan keragaman budaya Indonesia. Setiap daerah di Indonesia mempunyai variasi nasi goreng khasnya masing-masing dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang unik. Misalnya nasi goreng jawa yang menggunakan kecap manis dan bumbu tradisional, sedangkan nasi goreng aceh memiliki rasa pedas khas yang menggunakan bumbu seperti cabai dan pala.

Pada masa penjajahan, nasi goreng juga mempengaruhi masakan negara-negara Eropa dan Tiongkok. Bumbu dan teknik memasak baru diperkenalkan, yang kemudian disesuaikan dengan nasi goreng. Sejak saat itu, nasi goreng berkembang dan menjadi hidangan yang disukai baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Saat ini, nasi goreng telah menjadi salah satu masakan Indonesia yang paling terkenal di dunia. Restoran dan warung makan di seluruh dunia menawarkan nasi goreng sebagai hidangan khasnya. Berkat kelezatan dan kemudahan penyajiannya, nasi goreng masih menjadi favorit di banyak meja makan.

Berbagai Resep Nasi Goreng yang Bisa Anda Coba

Nasi Goreng Bawang

Nasi Goreng Bawang merupakan sajian lezat yang mudah dibuat. Untuk membuatnya diperlukan bahan-bahan seperti 3 sendok makan margarin, 3 siung bawang putih cincang, 2 batang daun bawang cincang, 1 buah kerang cincang kasar, 5 ekor udang kupas cincang halus, 2 butir telur kocok, 400 gram nasi putih dingin, 2 sendok makan kecap asin. , 1 sendok makan jamur, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan 1/2 sendok teh garam. Untuk taburan bisa menggunakan 5 buah bawang putih yang diiris tipis dan digoreng.

  1. Pertama, lelehkan margarin dalam wajan lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan lembut. Setelah itu masukkan pansy dan udang ke dalam wajan, aduk hingga udang berubah warna menjadi kemerahan dan matang. Pindahkan udang dan bawang bombay ke sisi wajan. Kemudian tuang telur kocok ke sisi lain wajan, aduk hingga terbentuk potongan-potongan kecil.
  2. Lalu masukkan nasi putih ke dalam wajan. Bumbui dengan kecap asin, kaldu jamur, merica bubuk, dan garam. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur ke dalam nasi dan nasi menjadi panas. Besarkan api dan aduk terus hingga semua bumbu tercampur ke dalam nasi.
  3. Terakhir, angkat nasi goreng bawang bombay dari wajan. Sajikan hidangan ini dengan bawang putih goreng. Nasi goreng bawang ini bisa Anda nikmati panas-panas. Rasakan nikmatnya perpaduan bawang putih, udang dan bumbu lainnya di setiap gigitan nasi goreng lezat ini.
  4. Semoga beruntung dengan nasi goreng bawangnya! Semoga makanannya enak dan nikmat dinikmati bersama keluarga dan teman terdekat.

 

Baca juga : Mengetahui Tentang Program Keluarga Harapan

 

Nasi Goreng Daun Jeruk

Nasi Goreng Daun Jeruk merupakan salah satu varian nasi goreng dengan aroma khas daun jeruk. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti 1 piring nasi putih dan 1 butir telur. Selain itu bumbu yang diperlukan adalah 6 lembar daun jeruk (tanpa tulang), 4 butir bawang merah, 1 butir bawang putih, 3 butir cabai merah keriting, 3 butir cabai rawit, 1/2 sdt garam, 1/3 sdt merica bubuk, 1/3 sdt bahan jamur. , dan 1 sendok makan saus tiram. .

  1. Pertama, potong daun jeruk, bawang merah, bawang putih dan cabai sesuai selera. Panaskan 3 sendok makan minyak dalam wajan, lalu masukkan semua bumbu cincang dan goreng hingga kering. Kemudian masukkan telur ke dalam wajan dan masak hingga telur orak-arik terbentuk.
  2. Selanjutnya masukkan nasi putih ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu dan telur. Tambahkan garam, merica bubuk, kaldu jamur, dan saus tiram. Aduk rata dan sesuaikan rasa sesuai selera.
  3. Setelah semua bumbu tercampur dengan nasi, angkat nasi goreng beserta daun jeruk dari wajan dan pindahkan ke piring saji. Anda bisa menambahkan telur goreng, kerupuk, dan acar timun sebagai topping.
  4. Nasi goreng daun jeruk siap dihidangkan! Nikmati sajian nasi goreng ini dengan aromanya yang harum dan rasanya yang nikmat. Tambahkan kepribadian dengan topping sesuai selera Anda. Selamat mencoba dan saya harap Anda menikmati Nasi Daun Jeruk yang lezat ini!

 

Resep Nasi Goreng

 

Nasi goreng kambing

Nasi Goreng Seafood merupakan salah satu varian nasi goreng yang enak dan mengenyangkan. Berikut ini resep nasi goreng seafood ala restoran yang bisa Anda coba.

Siapkan bahan-bahan sebagai berikut: 2 buah piring atau sekitar 500 gram nasi putih, 150 gram udang kupas, 100 gram cumi potong cincin, 2 buah pantyhose, 1 buah bawang bombay potong melintang, 2 sendok makan kecap manis, satu sendok makan manisan kecap asin, saus tomat, 2 sdm kecap ikan, 1 sdt merica bubuk, 2 sdm minyak goreng, 1 sdm margarin, 1 butir telur kocok, 1 sdt kaldu bubuk. Selain itu, haluskan bahan-bahan berikut hingga menjadi pasta: 4 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 1 cabai merah besar, 1 sdt garam. Sebagai lauknya, Anda bisa menambahkan kerupuk, irisan tomat, dan acar sesuai selera.

  1. Langkah pertama panaskan minyak dan margarin di wajan. Tumis bawang bombay cincang dan bumbu halus hingga harum. Setelah itu masukkan udang dan cumi yang sudah disiapkan sebelumnya, aduk hingga berubah warna menjadi kemerahan. Pindahkan udang dan cumi ke pinggir wajan.
  2. Lalu tambahkan daun bawang dan telur kocok ke dalam wajan. Campur dan kocok hingga telur matang. Campur udang dan cumi yang sudah disisihkan sebelumnya dengan telur dan pansy.
  3. Selanjutnya masukkan nasi putih dan kecap manis, kecap ikan, saus tomat, merica bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam wajan. Disarankan menggunakan api sedang agar nasi tidak mudah gosong. Campur semua bahan hingga halus dan matang. Jika nasi goreng seafood sudah matang, keluarkan dari wajan.
  4. Nasi Goreng Seafood ala Restoran siap dihidangkan! Tergantung selera, Anda juga bisa menyajikan kerupuk, irisan tomat, dan acar. Nikmati nikmatnya nasi goreng seafood ini dan jangan lupa meminumnya bersama lauk pauk yang Anda miliki. Selamat mencoba dan semoga sajian seafood ala resto ini menjadi favorit keluarga.

Nasi Goreng Hitam

Nasi Goreng Hitam memerlukan bahan-bahan sebagai berikut: 200 gram nasi putih, 1/2 siung bawang merah cincang, 2 siung bawang putih iris, 250 gram cumi segar cincang, sotong, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh merica, 2 buah cabai merah keriting iris dan 1 buah daun bawang iris. Sebagai lauk, Anda bisa menambahkan telur mata sapi dan kue kering.

  1. Langkah pertama adalah memanaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Setelah itu masukkan cumi ke dalam wajan dan masak hingga cumi matang.
  2. Selanjutnya masukkan tinta cumi, irisan cabai merah keriting, garam, merica lalu aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
  3. Masukkan nasi putih ke dalam wajan dan aduk hingga nasi tercampur rata dengan bumbu dan cumi. Pastikan semua bahan tercampur rata.
  4. Lalu masukkan irisan bawang bombay ke dalam nasi goreng dan aduk hingga rata. Setelah itu, keluarkan nasi hitam goreng dari wajan.
  5. Sajikan nasi goreng hitam dengan telur goreng telur mata sapi secukupnya dan kerupuk lainnya untuk rasa asin dan tekstur renyah.
  6. Nasi goreng hitam siap disantap. Selamat menikmati sajian nasi goreng hitam anda yang lezat dan unik, semoga menjadi sajian yang menyenangkan untuk anda dan keluarga.